Sabtu, Mei 16, 2009

Pengelompokan Makanan


Pengelompokan Makanan

Makanan sehari-hari kita dapat dikelompokan menjadi 5 kelas yang terdiri dari kelas 1 bintang sampai dengan kelas 5 bintang (kelas terbaik) berdasarkan cara-cara produksi makanan tersebut.

1. Kelas Konvensional

Pengaturan Makanan dan Obat-obatan Pusat Amerika (FDA) menentukan dosis penggunaan racun tumbuh-tumbuhan obat-obatan dan bahan kimia (pupuk, racun binatang perusak, hormon dan racun serangga perusak kimia) secara ketat. Pada waktu penanaman atau peternakan produk pertanian biasa, produk-produk yang mematuhiperaturan pemakaian dosis penggunaan racun tumbuh-tumbuhan obat-obatan dan b ahan kimia pertanian akan dianugerahkan penilaian 1-bintang.

2. 100% Kelas Semua Murni

Produk-produk kelas konvensional, setelah diperas menjadi jus sayur-sayuran dan buah-buahan tanpa dicampur air, namun mendapat tambahan gula secukupnya yang dijinkan (misalnya, pada saat penanaman pohon jeruk, jika dosis penggunaan racun binatang perusak dan bahan kimia pertanian mematuhi peraturan pemakaian, jus jeruk 100% yang diperas dari jeruk diijinkan ditambah gula secukupnya namun tidak ditambah air). Produk ini akan dianugerahi penilaian 2-bintang.

**** Pertanian Organik memerlukan jangka waktu tanah dibiarkan /tidak digunakan selama 3 tahun.

3. Kelas Peralihan 3-Tahun

Seseorang yang akan memulai pertanian atau peternakan organik harus mengajukan permohonan kepada kementerian pertanian, pemerintah Amerika Serikat. Kementerian ini akan menguji sisa-sisa racun binatang perusak dan bagian-bagian bahan kimia tanah, dan tanah tersebut harus tidak digunakan/dibiarkan selama 3 tahun. Jika seseorang akan memulai pertanian segera tanpa menggunakan racun binatang perusak dan bahan kimia pertanian, hasil tanaman selama jangka waktu peralihan sebelum mencapai masa peralihan 3 tahun akan dianugerahi penilaian 3-bintang.

4. Kelas Ekologi

Pada akhir jangka masa 3 tahun, tanah akan bebas dari sisa-sisa bahan kimia. Jika racun binatang perusak dan bahan kimia tidak digunakan dalam pertanian, terkena debu-debu yang berasal dari pabrik dengan jarak 30 km dari tanah pertanian atau tanah-tanahpertanian yang bersebelahan dengan tanah pertanian organik tersebut masih menggunakan racun tumbuhan obat-obatan, maka hasil tanaman akan tercemar secara tidak langsung. Hasil yang diproduksi
dalam keadaan ini akan dianugerahi penilaian 4-bintang.

5. Kelas Organik

Hasil yang diproduksi setelah tanah dibiarkan/tanah digunakan untuk jangka waktu masa 3 tahun, tanpa adanya sumber pencemaran lain dalam jarak 30 km dari tanah pertanian, pengawasan terhadap masyarakat yang tinggal disekitarnya, kecepatankendaraan yang keluar masuk tanah pertanian yaitu 8 km perjam serta tidak menggunakan racun binatang perusak dan bahan kimia pertanian, akan dianugerahi penilaian 5-bintang.

*** Lingkungan ekologi alami serta pengawasan yang dilakukan oleh manusia telah mencapai standard bebas pencemaran. Hal seperti ini dinamakan MAKANAN ORGANIK.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com